POLICY RULES UNTUK PENGENDALIAN INFLASI SECARA FORWARD LOOKING

  • Akhis R. Hutabarat
  • Reza Anglingkusumo
  • Fadjar Majardi
  • Rizki E. Wimanda

Abstract

Selaras dengan pesan inti UU No.23/1999 tentang kewajiban Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas internal dan eksternal nilai Rupiah, maka stabilisasi laju inflasi dalam jangka panjang merupakan agenda utama yang perlu diupayakan secara sungguh-sungguh pencapaiannya. Pesan implisit undang-undang agar Bank Indonesia melalui kebijakan moneternya mencapai sasaran laju inflasi yang rendah dan stabil, bertolak dari argumen mengenai pentingnya stabilisasi laju inflasi bagi perekonomian secara makro. Sebagaimana telah banyak dikemukakan oleh para akademisi dan praktisi, manfaat stabilisasi inflasi pada intinya berkisar pada biaya yang harus ditanggung oleh perekonomian jika laju inflasi berada pada level yang tinggi dan tidak stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amano, Robert, Don Coletti, and Tiff Maclem, “Monetary Rules When Economic Behaviour Changes”, Bank of Canada, April 1999.

Armour, Jamie, and Agathe Cote, “Feedback Rules for Inflation Control: An Overview of Recent Literature”, Bank of Canada Review, Winter 1999-2000.

Bank of England, “Economic Models at Bank of England”, Chapter 4, Small Scale Macroeconomic Models”, 1999

Barucha, Nargis and Cristopher Kent, “ Inflation Targeting in a Small Open Economy”, Reserve Bank of Australia, 1998.

Batini, N., and A.G. Haldane, “Forward Looking Rules for Monetary Policy:, Bank of England Working Paper no. 91, 1999.

Boediono, “Merenungkan Kembali Mekanisme Transmisi Moneter di Indonesia”, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Vol. 1 No.1, Bank Indonesia, Juli 1998.

Bogdanski, Joel, Alexandre Antonio Tombini, and Sergio Riberio da Costa Werlang, “Implementing Inflation Targeting in Brazil”, Draft Version, 2000.

Drew, Aaron, and Benjamin Hunt, “Efficient Simple Policy Rules and The Implications of Potential Output Uncertainty”, Reserve bank of New Zealand, August 1999.

Iljas, Achjar, “Transmission Mechanism of Monetary Policy in Indonesia”, BIS Special Meeting (1997)

PlumX Metrics

Published
2003-10-11
How to Cite
Hutabarat, A. R., Anglingkusumo, R., Majardi, F., & Wimanda, R. E. (2003). POLICY RULES UNTUK PENGENDALIAN INFLASI SECARA FORWARD LOOKING. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 3(3), 81-103. https://doi.org/10.21098/bemp.v3i3.301
Section
Articles