PERBANKAN SYARIAH INDONESIA MENUJU MILLENIUM BARU Suatu Tinjauan Pengembangan, Pengawasan, dan Prospek

  • Dhani Gunawan

Abstract

Sejak awal abad pertengahan hingga awal abad ke-20 konsep bank syariah yang berintikan kepada bagi hasil masih merupakan kajian akademis oleh para ilmuwan muslim, dalam hal ini lebih banyak para ekonom atau bankir yang meragukan sistem perbankan syariah dapat diterapkan dalam sistem perekonomian. Sementara itu perbankan konvensional yang kita kenal dewasa ini merupakan suatu proses evolusi dan uji coba yang telah berjalan dengan mapan selama berabad-abad dalam masyarakat. Dengan perjalanan waktu yang cukup panjang tersebut, maka tidaklah mengherankan apabila persepsi hampir sebagian besar masyarakat tertanam pengertian bahwa hanya terdapat satu sistem perbankan di dunia ini, yaitu sistem operasi bank dengan bunga. Pengertian bahwa bank akan terkait dengan suku bunga merupakan suatu pengertian definitif dalam dunia bisnis, dan merupakan kaidah akademik pada berbagai literatur para pakar ekonomi perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Umer Chapra, Islamic Banking: The Dream and The Reality, A paper prepared for presentation at the second annual Harvard University Forum, 1998.

Iqbal, Zubair, and Mirakhor, Islamic Banking (Washington DC, IMF, Occasional Paper No.49, 1987).

Mirakhor, Abbas, The Progress of Islamic Banking: the Case of Iran and Pakistan, 1988.

Wilson, Rodney, Islamic Financial Markets, London: Routledge, 1990

Working Paper IMF, Islamic Banking: Issues in Prudential Regulation and Supervision, Maret 1998.

Bank Indonesia, Buku Petunjuk Pelaksanaan Pembukaan Kantor Bank Syariah, Juni 1999.

PlumX Metrics

Published
2003-10-11
How to Cite
Gunawan, D. (2003). PERBANKAN SYARIAH INDONESIA MENUJU MILLENIUM BARU Suatu Tinjauan Pengembangan, Pengawasan, dan Prospek. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 2(3), 69-87. https://doi.org/10.21098/bemp.v2i3.276
Section
Articles