ANALISIS PENGARUH SOCIAL VALUES TERHADAP JUMLAH PERMINTAAN UANG ISLAM DI INDONESIA

  • Ebrinda Daisy Gustiani
  • Ascarya Ascarya
  • Jaenal Effendi

Abstract

Sebagai salah satu instrumen yang ada dalam sistem ekonomi Islam, zakat menjadi penting untuk diteliti pengaruhnya dalam formulasi kebijakan moneter di Indonesia, terutama berhubungan dengan jumlah uang. Selama ini masih belum ada seseorang yang membuktikan secara empiris pengaruh zakat sebagai salah satu instrumen dalam kebijakan moneter, terutama jumlah uang di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dibuktikan apakah zakat sebagai salah satu yang merupakan variabel social values dalam pemikiran Umer Chapra berpengaruh dalam jumlah permintaan uang Islam di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya merupakan data sekunder dalam series bulanan berawal dari Januari 2001 sampai dengan Desember 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Vector Autoregression (VAR) yang dilanjutkan dengan metode Vector Error Correction Model (VECM) jika terdapat kointegrasi dengan bantuan software Eviews 4.1. dan Microsoft Excel 2003. Secara umum kita dapat melihat hubungan pada jangka panjang hanya pada model permintaan tabungan mudharabah dan deposito mudharabah saja. GDP berpengaruh signifikan untuk setiap model permintaan uang (kecuali pada giro wadi’ah) karena baik pada sistem syariah maupun konvensional, jika masyarakat lebih sejahtera maka asumsinya permintaan uang akan meningkat. Untuk variabel social values dan return syariah pada beberapa model pengaruhnya negatif dikarenakan sistem syariah masih di dominasi oleh sistem konvensional. Hal ini disebabkan karena faktor uang kartal, conspicious consumption dan social values itu sendiri. RS tidak signifikan pada beberapa model persamaan dapat dijelaskan dengan melihat opportunity cost dari memegang uang. Untuk saat ini karena beberapa alasan sebelumnya variabel social values belum begitu terlihat pengaruhnya terhadap jumlah permintaan uang di Indonesia.

JEL Classification:  JEL Classification: C32, E41, P52

Keywords: Money demand, social values, Islam, VAR/VECM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, M.Syafi’I. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Gema Insani, Jakarta.

Apriani, Dian K. 2007. Analisis Dampak Guncangan Harga Minyak Dunia Terhadap Inflasi dan Output di Indonesia : Periode 1990 - 2006 [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Ascarya dan Diana Yumanita. 2004. Bank Syariah :Gambaran Umum. Seri Kebanksentralan No. 14. Bank Indonesia, Jakarta.

Ascarya. 2007. Akad dan Produk Bank Syariah. Rajawali Press, Jakarta.

Ascarya. 2007. Optimum Monetary Policy under Dual Financial/Banking System. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Islamic Economics Conference (IECONS 2007), Kuala Lumpur, Malaysia, 17-19 Juli.

Ascarya, Achsani, N.A, Yumanita, D dan Ali Sakti. 2007. Towards Integrated Monetary Policy under Dual Financial System: Interest System vs Profit and Loss Sharing System. (mimeo). Paper. PPSK. Bank Indonesia, Jakarta.

Bank Indonesia. Beberapa Tahun Penerbitan. Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia. Bank Indonesia, Jakarta.

Chapra, Umer. 1996. Monetary Management in an Islamic Economy. Islamic Economic Studies, Vol.4 No.1.

Darrat, A.F. 2000. On The Efficiency of Interest-free Monetary System : A CaseStudy. ERF’s Seventh Annual Conference, Amman-Jordan, 26-29 Oktober.

Deliarnov. 2003. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Rajawali Press, Jakarta.

Direktorat Perbankan Syariah. Statistik Perbankan Syariah. Bank Indonesia, Jakarta. Berbagai Edisi.

Fauzia, Amelia, Andy Agung, Chaider S. Bamualim, Irfan Abubakar. 2006. Filantropi Islam dan Keadilan Sosial. Centre for Study of Religion and Culture, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Gujarati, D. 1978. Ekonometrika Dasar. Zain dan Sumarno [penerjemah], Erlangga, Jakarta.

Hafidhuddin, Didin. 1998. Panduan Praktis Tentang Zakat Infak Sedekah, Gema Insani, Jakarta.

Hafidhuddin, Didin. 2002. Zakat dalam Perekonomian Modern, Gema Insani, Jakarta.

Hafidhudin, Didin. 2006. Mutiara Dakwah, ALBI Publishing, Jakarta.

Hasanah, Heni. 2007. Stabilitas Moneter pada Sistem Perbankan Ganda di Indonesia [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Iqbal, Muhamad. 2007. Mengembalikan Kemakmuran Islam dengan Dinar dan Dirham. Spiritual Learning Centre, Jakarta.

Juanda, Bambang. 2007. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. IPB Press, Bogor.

Karim, Adiwarman. 2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Rajawali Press, Jakarta.

Karim, Adiwarman. 2007. Ekonomi Makro Islami, Rajawali Press, Jakarta.

Linda, Maiva. 2007. Responsifitas Kredit Investasi terhadap Variabel Makroekonomi dan Perbankan pada Bank Persero dan Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Non Devisa [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Mankiw, N.G. 2003. Teori Makroekonomi, terjemahan, Erlangga, Jakarta.

Mishkin, F.S. 2001. The Economics of Money, Banking, and Financial Markets, Colombia University.

Nachrowi, N. D. dan H. Usman. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Universitas Indonesia, Jakarta.

Nugraha, Fickry W. 2006. Efek Perubahan (Pass Through Effect) Kurs terhadap Indeks Harga Konsumen di ASEAN - 5, Jepang dan Korea Selatan [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Pasaribu, Syamsul Hidayat. 2003. Eviews untuk Analisis Runtut Waktu (Time Series Analysis). Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Pasaribu, Syamsul H, Djoni Hartono, dan Toni Irawan. 2005. Pedoman Penulisan Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Sakti, A. 2007. Sistem Ekonomi Islam: Jawaban atas Kekacauan Ekonomi Modern, Paradigma & Aqsa Publishing, Jakarta.

Sarwoko 2007. Dasar - Dasar Ekonometrika, Andi, Yogyakarta.

Winarno, W.W. 2007. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

PlumX Metrics

Published
2010-11-19
How to Cite
Gustiani, E. D., Ascarya, A., & Effendi, J. (2010). ANALISIS PENGARUH SOCIAL VALUES TERHADAP JUMLAH PERMINTAAN UANG ISLAM DI INDONESIA. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 12(4), 517 -. https://doi.org/10.21098/bemp.v12i4.246
Section
Articles