REGIONAL ECONOMIC INTEGRATION, MOBILITY OF PRODUCTION FACTORS AND THE ROLE OF CENTRAL BANK

  • Haris Munandar
  • Ferry Kurniawan
  • Oki Hermansyah

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perekonomian yang terintegrasi penuh yang memungkinkan pergerakan input dan output secara bebas, maka proporsi output dalam perekonomian akan sama dengan proporsi input produktif (yakni physical dan human capital). Ini kami sebut sebagai hubungan proporsional (equal-share relationship).

Hubungan ini juga berlaku ketika terdapat perbedaan teknologi atau perbedaan biaya pergerakan input lintas sektor dengan syarat input dan output ini diukur dengan benar dalam merefleksikan perbedaan biaya tersebut. Dalam suatu perekonomian yang terintegrasi, hubungan proporsional ini membatasi distribusi input dan output. Selain itu, hubungan proporsional ini sekaligus memberikan batasan pengambilan kebijakan yang dapat mempengaruhi perkembangan setiap sektor dalam perekonomian yang terintegrasi penuh. Disini investasi memainkan peranan kunci dalam menentukan distribusi produksi.

Dengan aplikasi teknik analisis panel pada data negara ASEAN, penelitian ini menelusuri dampak kebijakan moneter terhadap investasi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) bank sentral melalui kebijakan moneternya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja investasi, (ii) inflasi yang rendah dan stabilitas perekonomian secara signifikan meningkatkan investasi. Menyongsong terbentuknya ASEAN Economic Community, temuan ini menegaaskan peran penting bank sentral dalam meningkatkan investasi.

JEL Classification: E13, F15, F21, F22, O57

Keywords:distribusi produksi, pertumbuhan, mobilitas input, kebijakan moneter, integrasi, ASEAN

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, B., 2008, “Opening the Path to Stability, Safeguarding the Nation’s Economic Development,” Address by Governor of Bank Indonesia at the Annual Bankers’ Dinner.

Agenor, P. R., 2004, Macroeconomic Adjustment and the Poor: Analytical Issues and CrossCountry Evidence, Journal of Economic Surveys, 18(3), 351-408.

Barro, R. J., 1996, Inflation and Growth, Federal Reserve Bank of St. Louis Review, 78, May/June, 153-169.

Baumol, W. J., 1986, Productivity Growth, Convergence, and Welfare: What the Long-Run Data Show, American Economic Review 76, 1072-1085.

Bowen, H.P., H. Munandar and J.-M. Viaene (2005), The Limiting Distribution of Production in Integrated Economies: Evidence from U.S. States and E.U. Countries, Tinbergen Institute Discussion Paper 05-045/2.

Hall, R.E. and C.I. Jones, 1999, Why Do Some Countries Produce So Much More Output Per Worker Than Others?

International Monetary Fund, 2004, International Financial Statistics, Washington DC: International Fund.

Sachs, J.D. and A. Warner, 1995, Economic Reform and the Process of Global Integration, Brookings Papers on Economic Activity, 1-95.

PlumX Metrics

Published
2008-09-11
How to Cite
Munandar, H., Kurniawan, F., & Hermansyah, O. (2008). REGIONAL ECONOMIC INTEGRATION, MOBILITY OF PRODUCTION FACTORS AND THE ROLE OF CENTRAL BANK. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 11(1), 5 -. https://doi.org/10.21098/bemp.v11i1.233
Section
Articles