PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK DAN KINERJA EKSPOR INDONESIA DALAM RANGKA PEMULIHAN PEREKONOMIAN INDONESIA ( Kategori Sektor Riil )

  • Budi Siswanto
  • Priyatno Priyatno

Abstract

Persaingan global merupakan karakteristik utama ekonomi menuju abad 21 yang mengakibatkan semakin terbukanya ekonomi suatu negara terhadap dunia luar.  Globalisasi menghasilkan suatu kondisi ke arah pasar bebas (free trade area) yang membuat dunia sebagai borderless states atau semakin terkikisnya hambatan-hambatan perdagangan, lalu lintas keuangan internasional dan keluar masuknya arus modal serta tenaga kerja. Kecenderungan ini sudah terlihat dengan adanya kesepakatan perdagangan internasional seperti APEC, AFTA, dan NAFTA yang makin mendorong keluar masuknya faktor produksi ke suatu negara. Arus globalisasi ini akhirnya menimbulkan beberapa akibat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

____________, “Regional Performance Figures”, Economic Far Estern Review Asia, December 1998.

____________, “Emil: Konsentrasi Industri Hambat Laju Ekspor dan Investasi, Bisnis Indonesia, 19 Januari 1996.

Bank Indonesia, Laporan Tahunan 1997/ 1998.

Biro Pusat Statistik, Buletin Ringkas, beberapa penerbitan.

Caropeboka, Laila Djanun N, “Masalah Jaringan Pasar Ekspor dan Trading Company,” Strategi Pembiayaan Ekspor Nun Migus Pascu GATT, Jakarta: Info Bank, 1995.

Dirgantoro, Toto, “Peluang Ekspor di Masa Krisis dan Upaya Pemerinah sebagai Pendorong dalam Meiighadapi Pei’saingan di Pasai Global,” Reinhun’ Nasioncll “Strategi Peningkolan Ekspor Indonesia di Masa Krisis dalam Menghadapi Persaingan Bebas “ Management Student Society FEUI, Auditorium FEUI, 9 Desember 1998.

Djamin, Zulkarnain, Peranun Ekspor Non Migas dalam PJP II: Prospek dan Permasalahannya, Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 1993.

Hady, Harndy, Ekonomi Infernasional: Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.

Indrawati, Sri Mulyani, “Memacu Ekspor Non Migas dalam PJPT II,” Beberapa Pemikiran unluk Memacu Ekspor Non Migas, Jakarta: Departemen Perdagangan, 1993.

Kartadjornena, H.S., GATT dan WTO: Sistem, Forum dan Lembaga Internasional di Bidang Perdagangan, Jakarta: Ul Press, 1996.

Kotler, Philip, Sokid Jatusripitak dan Suvit Maesincee, The Marketing of Nations, New York: The Free Press, 1997.

Lubis, Hamsar, “Sejumlah Sumber Kemandekan Ekspor Non Migas,” Bisnis Indonesia, 1998.

Moeljono, Djoko, “Peluang dan Tantangan Ekspor Non Migas dalam Pelita VI dan Akses Pasar Dunia,” Strategi Pemhiayaan Ekspor Nun Migas l’asca OATT, Jakarta: Info Bank, 1995.

Mulyono, “Pelablihan (Jan Daya Saiiig Ekspor Nasional,” Bisnis Indonesia, 15 Juni 1995.

Porter, Michael, The Competitive Advantage of Nation, New York: The Free Press, 1990.

Rahardjo, M. Dawam, Hahihienomics: Telaah Ekonomi Pemhangunan Indonesia, Jakarta: Pustaka Cidesindo, 1997.

Rahayubudi, “Perdagangan Luar Negeri”, Tinjanan Perdagangan Indonesia, No. 16, Tahun l998.

Sagir, H. Soeharsono, “Antisipasi Perdagangan Bebas: Ekonomi Biaya Tinggi, Kehandalan dan Teknologi dan Daya Saing”, Majalah Manajemen Usahawan Indonesia, September 1997.

Silalahi, Pande Radja, “Ekonomi Kerakyatan dan Pemberdayaan Usaha Kecil, Jurnal Pasar Modal Indonesia, November 1998.

Sudibyo, Aglis, “Strategi Peningkatan Ekspor Non Migas Indonesia, “ Buletin Ekonomi Bapindo, Nomor I, Tahun XX, Januari/Februari 1995.

Sukamdani, Hariyadi BS, “Meningkatkan Ekspor dalam Situasi Krisis Ekonomi,” Seminar Nasional “Strategi Peningkatan Ekspor Indonesia di Masa Krisis dalam Menghadapi Persaingan Bebas “ Management Student Society FEUI, Auditorium FEUI, 9 Desember l998.

Susanti, Hera, et.all, Indikator-indikator Makroekonomi, Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 1995.

Tarmidi, Lepi, Deberapa Pemikiran untuk Memacu Ekspor Non Migas, Jakarta: Departemen Perdagangan, 1993. ‘

Thoha, Mahmud, “Kendala Ekspor Industri Kecil dan Alternatif Pemecahannya,”Jurnal Keuangan dan Moneter, Volume 4, Nomor 2, Desember 1997.

Todaro, Michael R., Economic Development in the Thirld World, 4’h edn, White Plains, NY: Longans, 1989.

United Nation Industrial Development. Industrial Development Global Report, 1996.

PlumX Metrics

Published
2003-10-11
How to Cite
Siswanto, B., & Priyatno, P. (2003). PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK DAN KINERJA EKSPOR INDONESIA DALAM RANGKA PEMULIHAN PEREKONOMIAN INDONESIA ( Kategori Sektor Riil ). Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 2(1), 99-133. https://doi.org/10.21098/bemp.v2i1.193
Section
Articles