KAJIAN AWAL TENTANG MONEY LAUNDERING SERTA IMPLIKASINYA DALAM PASAR KEUANGAN INTERNASIONAL

  • Hariyadi Ramelan
  • Delfianto Ras

Abstract

Perkembangan teknologi perbankan internasional dalam dekade terakhir ini telah memberikan jalan bagi tumbuhnya jaringan-jaringan perbankan yang semula lokal/regional menjadi suatu lembaga keuangan yang global. Kecenderungan tersebut ternyata juga memberikan kesempatan bagi para pelaku money laundering untuk turut memanfaatkan kecanggihan jaringan layanan perbankan. Uang hasil transaksi ilegal (obat bius/ narkotika, senjata gelap, suap/korupsi/ manipulasi serta fraud perbankan) telah menjadi “legal” dalam dunia bisnis di pasar keuangan internasional. Dalam posisi ini, perbankan internasional khususnya International Offshore Banking Centres (IOBC) dengan segala aspek perlindungan data serta keleluasaan pajaknya telah menjadi lembaga intermediasi yang sangat diminati oleh para money launderer. Namun pada sisi yang lain, juga merupakan lembaga yang sangat rentan terhadap proses placement, layering ataupun integration.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal tentang kegiatan money laundering; batasan, teknik-teknik, sumber-sumber regulasi, serta implikasi yang timbul sehubungan dengan peranan bank sebagai lembaga intermediasi. Kajian ini diharapkan akan mampu memberikan gambaran serta perbaikan-perbaikan yang memadai dan perlu dilakukan oleh masyarakat keuangan internasional dalam upaya pencegahan maupun penindakan terhadap kegiatan money laundering, yang dari tahun ke tahun semakin canggih, terorganisasi rapi dan profesional. Ketidakberhasilan dalam menggalang kerjasama internasional dalam memerangi money laundering akan menimbulkan risiko perubahan variabel permintaan uang yang tak terduga, risiko pada kesehatan perbankan, efek kontaminasi pada transaksi keuangan yang legal, volatilitas yang sangat besar pada modal internasional dari transfer asset antar negara yang tidak terantisipasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrahamson, Jeffrey.1996. Money Laundering: Butterworths. Journal of International Banking and Financial Law, July – August.

Camdesus, Michael.1998. Money Laundering: The Importance of International Countermeasures, Paris (Feb 10).

Hayaes, Andrew.1996. Payable Through Accounts and Money Laundering. Legal Analysis. Pp 29-31.

Morris, Allan.1995. Money Laundering: The Regim in the United Kingdom, pp 350.

Parlour, Richard.1995. International Guide to Money Laundering and Practice, Butterworths.

Reuters News.1999 (March 31). Bancomer and Banca serfin Plead Guilty to Money Laundering.

Richard, Barry, et al.1998. Guide to Financial Services Regulation, 3rd Edition, CCH Inc. Illinois, USA.

Robinson, Jeffrey.1998. Laundrymen, Pocket Books, London.

The Banker, 1998 (Feb). Money Laundering: The Sky’s the Limit, pp 52-53.

_________. 1997. The Financial Action Task Force on Money Laundering, Annual Report.

PlumX Metrics

Published
2003-10-11
How to Cite
Ramelan, H., & Ras, D. (2003). KAJIAN AWAL TENTANG MONEY LAUNDERING SERTA IMPLIKASINYA DALAM PASAR KEUANGAN INTERNASIONAL. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 1(4), 117-131. https://doi.org/10.21098/bemp.v1i4.188
Section
Articles